Kamis, 16 September 2010

KB Alami, Murah Cuma Mengandalkan Disiplin Diri!!

Mengontrol kelahiran bisa dilakukan dengan banyak cara. Menggunakan alat kontrasepsi maupun secara alami. Jika memilih cara alami, dengan apapun alasan Anda, bisa dilakukan dengan metode kalender ataupun metode lainnya seperti metode lendir serviks dan metode suhu tubuh basal.

Setiap orang tentunya memiliki alasan mengapa kehamilan perlu ditunda atau kelahiran harus dikontrol. Alasan kesehatan maupun menjaga jarak usia anak agar lebih ideal bisa menjadi alasannya. Apalagi alasan finansial yang tak memungkinkan Anda memiliki anak dengan jarak usia dekat sementara anggaran tak mencukupi untuk mempekerjakan pengasuh, misalnya.

Metode alami untuk mengontrol kelahiran dapat digunakan untuk memprediksi masa ovulasi. Kapan waktu yang tepat untuk menghindari hubungan seksual tanpa proteksi juga mampu mencegah kehamilan. Cara alami lainnya adalah menarik penis dari vagina (coitus interruptus) sebelum ejakulasi terjadi.

Metode kontrasepsi dengan sistem kalender bisa membantu Anda menjalani program KB alami. Metode alami ini membantu Anda menaksir waktu yang tepat untuk menghindari hubungan seks, yakni saat masa subur. Mencatat masa menstruasi dan melacak histori haid dan atau masa subur melalui sistem kalender ini sangat murah dan tidak ada efek sampingya. Bahkan sejumlah perempuan memilih cara ini karena merasa tak nyaman menggunakan alat kontrasepsi yang masih mengundang kontroversi jika dilihat dari sudut pandang agama.

Meski tanpa risiko, metode kalender ini memiliki efektivitas bervariasi. Diperkirakan 13-25 dari 100 perempuan yang mempraktikkan metode kalender untuk pengendalian kelahiran selama satu tahun, ternyata tetap hamil. Program KB alami memang membutuhkan motivasi yang tinggi, ketekunan, dan disiplin kontrol diri.

Tak perlu melakukan persiapan khusus untuk menjalankan KB alami dengan sistem kalender ini. Namun sebaiknya, tetap konsultasikan kesehatan Anda lebih dahulu. Apalagi bagi yang baru saja melahirkan, berhentilah mengonsumsi pil KB atau alat kontrasepsi hormonal lainnya. Termasuk juga jika saat ini Anda sedang menyusui atau memasuki masa menopouse. Artinya, menjalani KB alami pun perlu melihat kondisi Anda dan sebaiknya periksakan diri ke dokter kandungan untuk mencari tahu cara yang terbaik untuk mengendalikan kelahiran.


http://female.kompas.com/read/xml/2010/08/30/09102844/kb.alami.murah.tapi.mengandalkan.disiplin.diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar