Minggu, 02 Mei 2010

10 Hal Yang Pantang Dilakukan Suami


Suami juga manusia, tak ada yang sempurna. Mau romantis seperti Edward Cullen, spontan seperti Jacob Black, atau tampan hingga menyamai Johnny Depp yang menyabet Sexiest Man Alive versi majalah People, tetap saja punya kekurangan.

Tidak gampang memenuhi peran sebagai suami (nyaris) sempurna. Begitu juga sebaliknya, tak mudah jadi istri yang bisa memenuhi semua keinginan suami dan keluarga. Ada saatnya istri tak tahan dengan perlakuan suami, demikian sebaliknya. Bukan berarti keduanya langsung mengajukan perceraian ke pengadilan.

Pertengkaran atau perbedaan pendapat antara suami dan istri dianggap lazim. Nah untuk mengurangi beda pendapat yang berlanjut ke adu argumen, hai para suami, ingatlah untuk tidak melakukan beberapa hal berikut.

1. Menawarkan untuk babysit (baca: menjaga) anak sendiri. Kalau tetangga Anda melakukannya, itu namanya babysitting alias menjaga anak. Tapi kalau orangtua yang melakukannya, ya bukan babysit tapi child care, merawat atau mengasuh anak namanya, yang baru berakhir paling sedikit sampai anak berusia 18 tahun, kadang malah sampai si anak menikah. Paham, kan bedanya?

2. Mengatakan pekerjaan kantor itu lebih berat ketimbang pekerjaan rumah tangga. Setelah seharian bekerja, mungkin muncul asap dari telinga dan hidung Anda. Tapi berita baiknya, Anda masih bisa tegak berdiri. Nah asap yang sama bisa keluar dari istri Anda berkat bersih-bersih rumah, mengawasi anak-anak yang tak henti berlarian, belanja bulanan, sambil mencoba menyeterika. Well, kalau istri Anda bilang lelah, artinya memang benar-benar kelelahan, baik secara fisik maupun mental.

3. Memberi istri hadiah berupa peralatan rumah tangga. Mesin cuci baru? Sama saja dengan istri membelikan pelek ban untuk mobil Anda. Belum tentu cocok, kan? Kecuali kalau Anda memastikan sang istri menginginkannya dan sesuai untuk pemakaian di rumah, tak ada salahnya.

4. Membelikan parfum untuk sang istri. Mungkin wanginya enak dan “berani”, tapi belum tentu sesuai dengan kepribadiannya. Usaha yang bagus, tapi alangkah baiknya jika istri dibawa serta saat membeli. Siapa tahu malah jadi kejutan manis saat Anda terlihat spontan membelikannya.

5. Mengumbar omongan tentang cara Anda mengemudi. Kebanyakan wanita bukan pengendara mobil yang baik, itu sudah banyak yang tahu. Tapi berkali-kali menekankan hal itu sambil mengobral bukti betapa hebatnya Anda di belakang kemudi, nanti malah berbuah pahit. “Sekali lagi suami saya bilang dia terbebas dari kecelakaan sejak 1978, ingin rasanya saya merebut setir dan membuat mobil kami celaka, hanya untuk menutup mulutnya,” tandas Maria kesal.

6. Tidak terkesan atas usaha istri yang memasak berjam-jam untuk menyajikan makanan lezat. Entah siapa yang salah, namun memasak tidak semudah yang diduga. Kalau hasilnya tidak selezat yang dibayangkan, setidaknya berikan pujian atas usahanya memasak bagi keluarga.

7. Membeli baju tanpa mencobanya. Bukan rahasia lagi, para suami merasa bakal pingsan begitu menapakkan kaki di mal. Tapi please, luangkan waktu ekstra dan beri kesempatan bagi istri Anda untuk mencoba baju atau barang apa pun yang dibeli. Jangan sampai repot menukarnya nanti. Iya kalau bisa ditukar, kalau tidak, dompet Anda juga yang bakal terkuras nanti, hehehe.

8. Harus tahu diri, terutama saat berada di ruang publik. Maksudnya, jangan suka meninggalkan istri sendirian. Pamit lebih dulu kalau ingin ke toilet atau mengambil minuman saat menghadiri pesta berdua. Sendirian di tengah keramaian bisa bikin istri gugup atau salah tingkah. Kalau ada yang menggodanya, bagaimana?

9. Ungkapkan dengan jujur mengenai potongan rambut baru istri Anda. Komentar seadanya akan terasa basi. Lebih baik ungkapkan dengan jujur kalau Anda tidak suka. Setidaknya masih ada waktu untuk memperbaiki gaya rambutnya sebelum dilihat orang lain. Apalagi istri tahu kok, Anda tidak tulus mengucapkan pujian tadi.

10. Mengharapkan penghargaan karena membantu pekerjaan rumah. Hmm, bukannya itu rumah Anda juga? Sudah selayaknya Anda berdua dengan istri membereskan rumah.


http://www.tabloidbintang.com/self-improvement/keluarga/431-10-hal-yang-pantang-dilakukan-suami.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar