Minggu, 02 Mei 2010

Perawatan Ekstra Untuk Rambut Yang Diwarnai


Masih banyak orang yang tak rela bereksperimen mewarnai rambut karena berbagai alasan. Selain tak pede dengan penampilan yang terkesan lebih nyentrik, wanita umumnya khawatir rambut mereka bakal tak lagi sehat kena dampak cat rambut. Pemikiran wajar, mengingat selama ini cat rambut identik dengan bahan kimia yang bisa merusak rambut.

Bagaimana pun, dari sederetan produk pewarna rambut di salon atau gerai kecantikan, sebagian besarnya mengandung bahan kimia. Pasalnya kalau tidak, warna akan segera memudar begitu Anda keramas. Bahan kimia itulah yang digunakan dalam kutikula rambut dan kemudian masuk ke lapisan dalam rambut. “Bahan kimia yang terlalu sering diaplikasikan ke rambut membuat kerusakan tak bisa dihindari, terlebih pada elastisitas rambut. Rambut menjadi lebih kering, cepat rontok, dan bahkan tekstur rambut yang tadinya lurus perlahan bisa berubah keriting,” ujar Natasha Sara, seorang pakar kecantikan rambut.

Eittts, tapi jangan sedih. Kerusakan bisa dengan mudah Anda hindari kalau tahu bagaimana merawat sebelum dan sesudah rambut diwarnai. Jadi, siap memberi perawatan ekstra? Berikut beberapa tipnya. Semoga bermanfaat.


Sebelum Mewarnai Rambut
1. Jika rambut bercabang, sangat disarankan memotong terlebih dahulu ujung-ujung rambut sebelum mewarnai. Rambut akan lebih mudah diatur dan warna akan lebih merata, karena ujung bercabang rawan mengendapkan cat rambut berlebih.


2. Jangan biarkan rambut Anda menderita terlalu sering atau dalam waktu berkepanjangan. Maksudnya, hindari segala perawatan rambut yang berhubungan dengan bahan kimia (rebounding, mengeriting, dll) setidaknya 2-3 minggu sebelum mewarnai rambut.


3. Lakukan perawatan melembapkan rambut dengan kondisioner beberapa hari sebelum mewarnai rambut. Selain dengan kondisioner, Anda juga bisa melembapkan sekaligus menguatkan rambut dengan perawatan sederhana dengan campuran mayones dan putih telur. Oleskan dan diamkan selama sepuluh menit sebelum dibilas dengan air dingin.


4. Disarankan juga untuk tidak keramas selama dua hari sampai mewarnai rambut, supaya minyak alami di kulit kepala melindungi rambut. Hasilnya, warna rambut lebih mengilap.


5. Kalau ini bukan pertama kalinya Anda mewarnai rambut, ada baiknya menjalani perawatan hair spa di salon agar perawatan terhadap kerusakan rambut lebih menyeluruh dengan massaging, steaming, dan proses lainnya.


6. Kalau kulit kepala Anda sensitif jangan lupa memberi tahu petugas salon yang akan mewarnai, sehingga ia bisa lebih berhati-hati dan memilih produk cat rambut yang sesuai. Tapi ingat, jika di kulit kepala ada luka atau goresan, harus menunggu sampai membaik sebelum mewarnai rambut. Sebab bahan kimia yang ada dalam cat rambut bakal memperparah keadaan.


7. Dengan banyaknya produk cat rambut yang menawarkan kemudahan mengecat rambut sendiri di rumah, sekarang lebih banyak wanita cenderung malas ke salon. Sebenarnya tak ada salahnya melakukan sendiri, tapi sebelumnya Anda harus mengetes apakah cat rambut yang dipakai cocok dan tidak mengakibatkan iritasi di kulit Anda. Caranya, oleskan sedikit cat rambut di lengan. Diamkan 15-20 menit dan bilas dengan air. Jika ada reaksi di kulit yang tak wajar, silakan cari produk lain atau berkonsultasi pada pakar rambut profesional.



Setelah Mewarnai Rambut


1. Gunakan sampo khusus rambut diwarnai. Sampo jenis ini tidak membuang pelembap alami dari rambut seperti sampo biasa. Selain itu, sampo khusus juga menjaga warna cat rambut lebih awet dan terlihat lebih segar.


2. Rutin gunakan masker rambut seminggu sekali untuk mencegah warna cat rambut lebih cepat pudar.
3. Keramas dan berikan kondisioner setidaknya seminggu dua kali supaya rambut tidak cepat kering.


4. Jangan biasakan mengeringkan rambut dengan hair dryer bertemperatur tinggi. Atur tingkat kepanasan sewajarnya atau bahkan lebih baik keringkan rambut secara alami.


5. Rambut diwarnai cenderung lebih lembut dan sensitif. Maka jangan menyisirnya dalam keadaan basah karena bisa cepat kusut dan rontok. Tunggu sampai kering atau kalau terburu-buru, atur rambut perlahan dengan jari.


6. Kalau mau berepot-repot sedikit, gunakan air yang sudah difilter untuk keramas rambut berwarna Anda. Pasalnya, air yang tak bersih mengandung banyak bahan kimia dan elemen tak diinginkan lain, yang bisa membuat rambut berwarna Anda kusam.


7. Klorin menyebabkan kerusakan pada rambut berwarna, jadi hindari aktivitas berenang dalam kurun beberapa minggu usai mewarnai rambut. Kalaupun ingin renang, pastikan Anda menggunakan swimming cap.


8. Dibanding kondisioner biasa, ada baiknya gunakan kondisioner leave in. Selain tahan lebih lama sepanjang hari, kondisioner jenis ini juga melindungi rambut dari bahaya sinar UV matahari.


http://www.tabloidbintang.com/self-improvement/kecantikan/432-perawatan-ekstra-untuk-rambut-diwarnai.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar