Jumat, 16 April 2010

Tips Memilih Kartu Kredit


Kartu kredit bukanlah hal yang taboo untuk dihindari. Bahkan, di era yang serba computerized ini, kebutuhan akan kartu kredit untuk berbagai keperluan transaksi bisnis sangat diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita harus memilih uang plastik (alias kartu kredit):

  • Bandingkan tingkat bunga yang dikenakan oleh bank penerbit kartu kredit. Walaupun bunga yang dibebankan dapat berubah sewaktu-waktu, sebaiknya pilih kartu kredit dengan bunga serendah mungkin.
  • Perhatikan cara perhitungan bunga, sehingga kita dapat memperkirakan berapa beban biaya yang sebenarnya diminta oleh bank penerbit kartu kredit.
  • Teliti semua biaya dari kartu kredit. Biaya keterlambatan pembayaran, biaya transaksi, biaya pengambilan tunai, biaya lain-lain. Jangan lupa bandingkan masa tenggang tiap kartu.
  • Kredit limit. Banyak bank yang bersedia memberikan pagu 2x lipat dari pagu kartu kredit yang sudah ada. Pertimbangkan kemampuan Anda membayar tagihan.
  • Fitur dan Fasilitas. Saat ini beragam fitur dan fasilitas dapat dinikmati oleh pemegang kartu kredit tertentu. Pilih kartu kredit dengan fitur dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Biaya keanggotaan. Beberapa bank penerbit kartu kredit memberikan kemudahan untuk membayar biaya keanggotaan tiap bulan, namun jangan tergoda dengan murahnya biaya bulanan. Perhatikan juga jika biaya yang murah tersebut dikali 12bulan. Belum tentu nilai yang muncul lebih kecil dari biaya keanggotaan kartu kredit lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar